RSS

Cara Merawat Cartridge

06 Mar

By: Husin

Saya akan memberi tahu anda bagaimana cara merawat cartridge ya baik. Kali ini saya membahas  tentang Cartridge Canon khususnya CL 41 (Cartridge Warna).

Yang terpenting dalam merawat cartridge Cl 41 adalah jangan pernah membiarkan tinta salah satu warna ada yang habis. karena, Cartridge CL 41dan pasangannya PG 40 menggunakan system pemanasan dalam proses printing, sehingga sekali saja anda melakukan print dalam kondisi tinta yang hampir habis ( tidak mencukupi) itu sama dengan membakar salah satu sel dalam head cartridge tersebut, dan dalam kondisi sel cartridge telah terbakar akan mempengaruhi hasil cetakan, dan semakin banyak sel yang mati, maka cetakanpun semakin buruk.


Berbeda dengan kebanyakan Cartridge milik canon, cartridge milik epson T11 dan C90 memiliki system yang berbeda, biasanya cartridge milik epson menggunakan system injeksi pump, sehingga cukup aman di gunakan meski kondisi tinta sedang kosong, meskipun memang kerusakan akan terjadi jika terlalu sering di gunakan dalam kondisi kosong, namun proses kerusakannya tidak secepat cartridge milik canon ip 1880 dan sejenisnya.

Pemasangan Infus Pada Canon Ip 1880.

Saya kurang sependapat kalau ada yang mengatakan cartridge cl 41 bisa di pasangin infus, untuk sekedar di pasang jelas bisa, bahkan lebih mudah, namun bagai mana dengan kualitas dan ketahanan cartridge itu sendiri? saya berani bertaruh, jika cartridge cl 41 dan PG 40 di pasang infus paling lama bertahan 2 bulan saja jika setiap hari di pakai. mengapa saya berani bertaruh? karena system cartridge cl 41 seperti yang saya sebutkan di atas, tidak mendukung untuk system infus atau ciss.

Jika cartridge cl 41 dan PG 40 di pasang infus atau ciss maka kasus yang sering terjadi adalah terjadi kekosongan dalam selang infus, dan satu-satunya cara adalah melakukan cleaning untuk mengengisi kekosongan di dalam selang infus, namun melakukan cleaning berarti membuang tinta di dalam cartridge, dan sebelum selang benar benar penuh terisisi , tinta di dalam cartridge sudah habis terlebih dulu, dan jika kita paksakan melakukan cleaning dalam kondisi tinta di dalam cartridge kosong maka seperti yang saya sebutkan di atas itu sama saja membakar komponen di dalam cartridge.jadi saran saya lebih baik di suntik saja.

Pemasangan Infus Pada Epson T11

Berbeda dengan cartridge canon ip 1880, milik Epson T11 dan C90 memang sangat cocok untuk system infus, karena memang proses printing bekerja dengan system injeksi, namun yang perlu di ingat adalah, printer epson memliki scurity agar pada saat status tinta telah habis cartridge sudah tidak bisa di gunakan, Ink Status Monitor ini bekerja berdasarkan perhitungan berapa kali printing dan cleaning, jadi tidak di hitung berdasarkan kondisi tinta di dalam cartridge, maka meskipun kita telah isi tintanya status nya tidak berubah, dan berbeda dengan canon, printer epson tidak bisa di gunakan dalam kondisi tinta yang habis. Untuk itu lah dalam pemasangan infus epson di butuhkan chip restter, yang berfungsi untuk mengembalikan status tinta ke kondisi penuh. Chip restter ini biasanya telah di sertakan bersama dengan tabung infusnya. sekian dulu ya semoga bermanfaat, maaf kalau banyak kekurangan, di tunggu kritiknya.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 6, 2011 in Komputer

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: